Pimpinan DPRD Jadi ‘Guru Sehari’ di SMAN 7 Purworejo

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pimpinan DPRD Kabupaten Purworejo menjadi “guru sehari” di SMAN 7 Purworejo, Selasa (19/4). Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiyabudi SIKom MSi dan Wakil Ketua DPRD Purworejo Kelik Susilo Ardani SE MIP MAP, memberikan materi terkait tugas wakil rakyat serta kepemimpinan.
Kegiatan yang dikemas dalam program DPRD Mengajar itu digelar di Wisma Budaya SMAN 7 Purworejo dan diikuti ratusan pelajar kelas XI. Kelik Susilo Ardani yang pertama kali maju menyampaikan materi tentang tugas dan wewenang DPRD.
Kelik mengapresiasi keaktifan pelajar dalam menyampaikan pandangannya terkait materi yang disampaikan. “Sangat menarik ketika melihat para pelajar ini begitu antusias dan berani menyampaikan pandangannya terkait DPRD, bahkan ada yang bercita-cita jadi anggota dewan. Ini bukti bahwa mereka mulai melek politi dan tidak apolitis,” katanya kepada KRJOGJA.com usai kegiatan DPRD Mengajar.
Kelik berpesan kepada para siswa untuk bisa aktif berperan dalam kegiatan organisasi positif di sekolah maupun lingkungan masyarakat. Aktivitas itu, katanya, akan mengasah kemampuan dan membawa nilai yang baik di masa depan.
Selain itu, DPRD Purworejo juga siap memfasilitasi apabila para pelajar ingin belajar mengenal politik dan proses legislasi gedung dewan. “Kalau masih ada hal-hal yang ingin diketahui, DPRD Purworejo siap memfasilitasi. Para siswa bisa berkunjung langsung ke Gedung DPRD untuk melihat langsung proses sidang paripurna atau kegiatan lainnya,” terangnya.
Sementara itu, Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiyabudi menyampaikan materi tentang kepemimpinan. Dion juga mengajak para siswa untuk praktik tentang kepemimpinan, misalnya memperagakan kemampuan berbicara di muka umum.
Dion menyebut jika cita-cita sebagai pemimpin itu harus diawali sejak masih muda. “Sejak muda kita harus mempersiapkan diri menjadi seorang pemimpin. Cita-cita harus digantungkan setinggi mungkin dan optimisme harus terus dijaga,” tegasnya.
Ditambahkan, program DPRD Mengajar adalah upaya untuk mengenalkan DPRD Kabupaten Purworejo kepada masyarakat. Namun, lanjutnya, sosialisasi itu dikemas dalam kegiatan tatap muka yang santai, dengan bahasa ringan, sehingga mampu mengajak kalangan muda untuk melek politik.
Sementara itu, Kepala SMAN 7 Purworejo Niken Wahyuni MPd mengatakan, program DPRD Mengajar sangat bermanfaat bagi siswa. Mereka mendapatkan materi yang disampaikan tidak diperoleh langsung saat pembelajaran di kelas. “DPRD Mengajar juga selaras dan mendukung visi misi sekolah terkait nasionalisme dan bela negara,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI