Pipa Jaringan Rusak Akibat Longsor, Aliran Air Bersih Macet

Ada beberapa pohon dan bambu, diantaranya bambu petung, yang ikut terbawa longsor. Beberapa pipa paralon, yang berfungsi untuk mengalirkan air bersih ke pemukiman warga, juga ada yang mengalami kerusakan dan putus. Pipa tersebut ada yang berukuran 2 dim dan ada juga 3 dim. Tidak hanya beberapa pipa yang ada di bagian bawah, tetapi beberapa pipa yang berada di lokasi yang lebih atas juga ada yang putus. Akibatnya, distribusi air bersih ke rumah warga juga terkendala.

Jaringan pipa paralon yang ada di bagian bawah, kata Sekdes Tlogorejo, ada sekitar 3 pipa yang berfungsi mengalirkan air bersih dari sumber mata air di bawah air terjun menuju ke pemukiman warga di Dusun Ngleter, Dusun Temon dan Dusun Watuanten dengan jumlah penduduknya sekitar 1.200.

Kamis beberapa warga melakukan kerja bakti di lokasi kejadian, diantaranya untuk membenahi pepohonan dan bambu yang roboh akibat longsor dan membenahi jaringan pipa air yang putus agar aliran air segera dapat mengalir kembali. “Yang penting jaringan airnya dahulu, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan airnya. Baru kemudian dibersihkan lokasi,” tambah Sekdes Tlogorejo.

BERITA REKOMENDASI