Pipa PDAM Putus Diterjang Longsor, Ribuan Warga Terancam Krisis Air

Editor: KRjogja/Gus

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Ribuan warga tersebar di 6 dusun di Kecamatan Watumalang dan Leksono Kabupaten Wonosobo, Kamis (19/3/2020) mulai mengalami krisis air bersih akibat tanah longsor dahsyat sedalam 350 meter terjadi di Dusun Bedali Desa Kuripan Kecamatan Watumalang, Selasa (17/3/2020) lalu. Warga masyarakat pun harus rela antri berjam-jam demi mendapatkan air bersih yang dipasok menggunakan mobil tanki BPBD dan PDAM Wonosobo.

Kasi Trantib Kecamatan Watumalang Subuh Oni Wiyono, pasca putusnya pipa air PDAM akibat diterjang tanah longsor, membuat ratusan kepala keluarga (KK) kesulitan air bersih. Sedikitnya ada 6 dusun yang terdampak langsung, yaitu Dusun Sigaog dan Banjaran Desa Kuripan di Kecamatan Watumalang, serta Dusun Manggis, Durensawit, Kaliduren, dan Kalimendong di Kecamatan Leksono.

Dijelaskan, pasokan air bersih menggunakan tanki BPBD dan PDAM dilakukan dua kali sehari di masing-masing desa terdampak, yaitu pagi dan sore hari. Setiap tanki berkapasitas 5.000 liter, sehingga setiap harinya dipasok 10.000 liter air bersih di kawasan terdampak.

BERITA REKOMENDASI