PKL Durian Baledono Direlokasi ke Pasar Kenteng

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 23 pedagang kaki lima (PKL) durian yang biasa di Pasar Baledono Jalan A Yani Purworejo, direlokasi halaman parkir Pasar Kenteng Kelurahan Kledung Kradenan Kecamatan Banyuurip, Jumat (20/02/2018) dalam rangka persiapan akan dioperasikannya Pasar Baledono.

"Kami melihat keberadaan mereka di jalan depan Pasar Baledono sangat mengganggu, akses bakal semrawut ketika pasar beroperasi," ujar Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Purworejo Kendrasmoko, kepada KRJOGJA.com.

Pemerintah, kata Kendrasmoko juga menilai keberadaan pedagang sebagai potensi ekonomi yang harus dijaga. Apalagihanya menjual durian yang dihasilkan petani Kabupaten Purworejo.Selanjutnya, Pemerintah kabupaten (pemkab) mengadakan koordinasi lintas sektor termasuk pedagang, dan mengemuka opsi pemindahan ke Pasar Mati Tambakrejo, Jalan Gang Buntu Purworejo serta Pasar Kenteng. 

"Pedagang awalnya meminta dipindah ke Pasar Suronegaran Purworejo. Kami melihat di Suronegaran tidak ada tempat, padahal pedagang minta di tepi jalan raya. Akhirnya, paling ideal di Pasar Kenteng Jalan Tentara Pelajar, mereka setuju," ungkapnya.
  
Menurut Kendrasmoko tujuan relokasi juga untuk meramaikan Pasar Kenteng. Pedagang setempat, katanya, menyambut baik karena mereka yakin akan menikmati kenaikan penjualan pascarelokasi. 

"Agar tambah ramai, kami minta Humas Setda Purworejo buat spanduk pemberitahuan, selanjutnya akan dipromosikan lebih maksimal lagi. Konsep kami ke depan, kawasan itu bisa jadi pasar agro," tegasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI