PKPI Sukoharjo Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Satu dari dua partai politik (Parpol) yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sukoharjo dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Sedangkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memenuhi syarat. Kedua partai diminta melengkapi berkas setelah sebelumnya dalam proses verifikasi faktual (verfak) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo ditemukan ketidaklengkapan syarat pendaftaran sebagai calon peserta Pemilu 2019.

Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto, Rabu (07/02/2018) mengatakan, sesuai jadwal tahapan yang baru saja selesai dilakukan yakni perbaikan berkas pendaftaran oleh parpol. Batas waktu yang telah ditentukan yakni 5 Februari kemarin.

Perbaikan berkas pendaftaran hanya dilakukan pada dua parpol saja yakni PKPI dan PPP. Sedangkan parpol lainnya sudah lengkap setelah sebelumnya dilakukan verfak.

"PKPI dinyatakan TMS dan PPP dinyatakan MS. Waktu perbaikan data sudah diberikan KPU Sukoharjo pada kedua parpol dan sudah habis," ujar Kuswanto.

Di Sukoharjo sendiri ada 14 parpol yang mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2019. Dalam verfak sebanyak 12 parpol dinyatakan MS dan dua lagi TMS. Namun dalam masa perbaikan data hanya PKPI saja yang dinyatakan TMS. Sedangkan PPP dinyatakan MS karena bisa membuktikan kelengkapan data.

Sebelumnya kedua parpol baik PKPI dan PPP dinyatakan TMS karena berkas pendaftaran belum lengkap. Hal tersebut diketahui dari data alamat kantor parpol, data kepengurusan dan data 30 persen keanggotaan perempuan dalam kepengurusan parpol.

KPU Sukoharjo sendiri akan melakukan rapat pleno terhadap parpol yang lolos dalam Pemilu 2019 pada Kamis (08/02/2018). Pada kesempatan tersebut juga akan diundang 14 parpol yang sebelumnya mendaftar.

Rapat pleno dilakukan sebagai pengumuman resmi sekaligus penetapan hasil verfak terhadap 14 parpol calon peserta Pemilu 2019. Pengurus parpol wajib hadir sebagai bagian dari pengesahan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI