PLN Bantu Listrik Gratis Untuk 63 Warga Purworejo

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 63 keluarga tidak mampu di Kabupaten Purworejo mendapat bantuan listrik gratis dar PLN. Bantuan itu bersumber dari donasi PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride 2021 “Energi Bangkitkan Terang Bagi Negeri” yang diselenggarakan secara nasional selama sebulan terakhir.

Penyerahan donasi secara simbolis dilakukan oleh Manajer PT PLN UP3 Magelang, Ir Yunarsih MT, kepada Bupati Purworejo yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda, Drs Boedi Hardjono, di Command Center Purworejo, Rabu (27/10). Hadir dalam kesempatan itu antara lain Manajer PLN ULP Purworejo, Zesyar Erlinda, serta Manajer PLN ULP Kutoarjo, Suryanta.

Simbolisasi bantuan itu dilakukan dengan penyalaan listrik secara virtual di rumah Kanti Widadi, warga Desa Krandegan Kecamatan Bayan, salah satu penerima bantuan itu.

Yunarsih mengatakan, program sosial itu memiliki misi mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga lari dan bersepeda. “Setiap kilometer yang ditempuh pelari dan pesepeda peserta program, akan dikonvesikan menjadi rupiah, kemudian digunakan untuk membiayai penyambungan listrik gratis bagi warga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” terangnya.
Setiap kilometer lari akan dikonversikan sebesar empat puluh ribu rupiah, sedangkan sepeda Rp36 ribu. Donasi digunakan menyambung listrik bersubsidi dengan daya 450 VA.

Dalam sebulan, program itu berhasil menghimpun donasi kurang lebih Rp 15 miliar. Donasi dan disumbangkan kepada 19.600 penerima manfaat di seluruh Indonesia. “Untuk wilayah Jateng dan DIY terdapat 973 penerima manfaat, 63 diantaranya warga Purworejo,” terangnya.
Bantuan listrik gratis untuk warga Purworejo total senilai Rp55,7 juta. Pemasangan instalasi jaringan dilakukan tenaga ahli anggota Asosiasi Kontraktor Listik Indonesia (AKLI). “Biaya penyambungan, instalasi, dan langganan untuk bulan pertama gratis. Penerima manfaat membayar untuk token kedua dan selanjutnya,” ujarnya.

Boedi Hardjono mewakili Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengatakan, pemkab memberi apresiasi kepada PLN atas adanya bantuan tersebut. “Bupati menyatakan terima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi atas adanya bantuan listrik gratis bagi 63 warga Purworejo,” ucapnya.
Dikatakan, masih ada sebagian kecil warga yang belum menikmati aliran listrik. Menurutnya, kondisi itu antara lain karena lokasinya terpencil atau karena kondisi ekonomi yang serba terbatas. “Untuk itu, bantuan tersebut sangat membantu masyarakat yang belum bisa mengakses listrik,” tandasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI