PLN Peduli Beri Bantuan Hand Tractor di Desa Kunir Butuh Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Salatiga melaksanakan program PLN Peduli dalam bingkai CSR berupa program pemberdayaan masyarakat dibindang pertanian di Desa Kunir Kecamatan Butuh  Purworejo pada Kamis (5/9/2019). Jaringan transmisi yang melintasi Desa Kunir adalah salah satu supply utama kelistrikan DIY dari PLTU Cilacap.

Baca Juga: Membahayakan! PLN UPTG Yogyakarta Amankan Bendera Dekat SUTT

Manajer Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Yogyakarta Abdul Rahman Budisetyo menyerahkan alat pertanian berupa traktor tangan atau hand tracktor kepada Ketua Kelompok Tani Sumber Rejeki Mujiman disaksikan pemerintah desa dan warga sekitar. 

"Kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan warga dan pemerintah desa dalam membantu mengamankan tumbuhan yang mendekati batas bahaya. Apalagi dengan operasinya Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kulonprogo jaringan transmisi dari Cilacap sampai DIY harus selalu handal," jelas Abdul Rahman
Kepala Desa Kunir Supono menuturkan pemberdayaan bidang pertanian sangatlah bermanfaat khususnya di desanya. Karena dari 170 hektar luas desa, 110 hektar lebih merupakan area persawahan. 

"Kondisi saat musim tanam sangat berat untuk warga, karena jumlah hand traktor tersedia masih sangat minim sehingga antrian menyiapkan tanah untuk siap tanam memerlukan waktu yang relatif lama,"ujarnya.

Selain terimakasih atas program PLN Peduli ini, selaku Supono mengungkapkan listrik sangat membantu mendongkrak perekonomian di desa Kunir dan meningkatkan keamanan pengetahuan dan informasi warga terhadap dunia luar. Dengan sinerginya antara PLN, Pemerintah dan warga masyarakat diharapkan akan meningkatkan jumlah sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kemajuan Bangsa maupun Negara. (Ira)

BERITA REKOMENDASI