PLTP Small Scale 10 MW di Dieng Mulai Ujicoba Turbin

Editor: Ivan Aditya

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Pembangunan Groundbreaking Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Small Scale 10 Megawatt (MW) di Dataran Tinggi Dieng dikembangkan PT Geo Dipa Energi sudah mulai fase ujicoba turbin generator. Ditargetkan dalam waktu dekat kapasitas energi listrik yang dihasilkan sudah bisa dialirkan ke PLN atau siap disuplai untuk kebutuhan energi listrik Jawa, Madura, dan Bali (Jamali).

“Potensi energi yang dihasilkan dari PLTP Small Scale ini bisa dioptimalkan mencapai 12,5 Megawatt. Sejauh ini masih dalam tahap ujicoba menggerakkan turbin generator. Hasilnya tidak mengecewakan, turbin bergerak stabil. Dalam waktu dekat energi listrik yang dihasilkan sudah bisa didistribusikan ke PLN,” ungkap Dirut PT Geo Dipa Energi Riki Firmandha Ibrahim didampingi Direktur Operasional dan Pengembangan Niaga Dodi Herman ketika meninjau uji coba Turbin Generator PLTP Small Scale 10 MW di kawasan Kawah Sikidang Dineg, Kamis (22/04/2021).

Menurut Riki, pembangunan Groundbreaking Proyek PLTP Small Scale 10 MW di Dieng berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara ini, merupakan langkah konkret rencana jangka panjang perusahaan sebagai BUMN Panas Bumi dalam mendukung program pemerintah untuk penyediaan listrik tenaga panas bumi yang aman dan ramah lingkungan (energi terbarukan). Termasuk memberikan manfaat peningkatan ekonomi Indonesia, khususnya bagi masyarakat di kawasan Dieng.

Disebutkan, bahwa potensi energi yang bisa dikembangkan menjadi PLTP di kawasan Dieng cukup besar, yaitu mencapai 400 MW. Sejauh ini energi yang berhasil dihasilkan baru 55 MW di Unit 1 Dieng, ditambah proyek PLTP Small Scale 10 MW yang ditargetkan bisa beroperasi secara komersial pada Juli mendatang. Selain itu, Geo Dipa juga akan kembali melakukan pengembangan PLTP di Unit 2 Dieng dengan kapasitas Net 55 MW yang sejauh ini sudah dalam rencana pengeboran sumur.

Khusus PLTP Small Scale 10 MW senilai 21 Juta Dolar ini, pengerjaannya dilaksanakan oleh kontraktor PT Inti Karya Persada Tehnik (IKPT). Sedangkan pembiayaan merupakan hasil pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) yang juga merupakan BUMN di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Selain itu, proyek PLTP Small Scale Dieng ini juga berkontribusi dalam pencapaian target program pemerintah di sektor pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan nasional 35.000 MW. Dalam hal ini, Geo Dipa ikut bertanggung jawab dalam memenuhi target Rencana Umum Energi Nasional di pemanfaatan energi yang tersedia secara melimpah untuk memenuhi 23% pada tahun 2025. Program ini juga termasuk program upaya kontribusi terhadap penurunan emisi gas rumah kaca sesuai Paris Agreement tertuang dalam UU No.16 Tahun 2016. (Art)

BERITA REKOMENDASI