PMI Magelang Serahkan APD di Puskesmas dan RSUD Muntilan

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Untuk membantu pemerintah meminimalisir penyebaran Covid-19, PMI Cabang Kabupaten Magelang menyalurkan bantuan beberapa Alat Pelindung Diri (APD) untuk RSUD Muntilan dan beberapa Puskesmas. Selain itu juga disalurkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Beberapa APD yang diserahkan tersebut, terdiri dari baju hazmat, Masker N-95, kantong jenasah dan faceshield. Selain bantuan itu, PMI Cabang Kabupaten Magelang juga selalu aktif melakukan upaya pencegahan dengan penyemprotan desinfektan ke sejumlah wilayah.

“Untuk penyemprotan ini, sudah sekitar 100 kali dilakukan. Teknisnya, kami selalu berkoordinasi dengan puskesmas, karena mereka yang mengetahui lokasinya. Total hingga saat ini, ada lima kecamatan yang kami semprot. Yakni, kecamatan muntilan, mungkid, salaman, srumbung dan kecamatan ngluwar,” kata Kepala Markas PMI Cabang Kabupaten Magelang, Arief Setyohadi, Senin (27/04/2020).

Disela-sela penyemprotan, lanjut Arif, pihaknya juga memberikan sosialisasi terkait pentingnya bekerja, belajar dan beribadah dirumah, jaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun dan menggunakan masker saat keluar rumah. “Bagi warga yang belum memiliki masker, kami juga berikan sejauh persediaan masih ada. Yang jelas, sebelum bantuan berupa APD dan penyemprotan ini dilakukan, sebelumnya pasti kami assesment agar tidak salah sasaran,” jelasnya.

Hal lainnya, pihaknya juga telah membuat dua tim untuk membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang. Selain tim ambulance, pihaknya juga membuat tim jenasah. “Ada sekitar 40 personil yang kami siapkan untuk dua tim tersebut. Untuk tim ambulance sendiri, ada 8 orang. Sedang lainnya, stanby 24 jam untuk membantu tugas-tugas lain terkait Covid-19, seperti evakuasi orang berstatus PDP maupun positif atau jenasah dan lainnya,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI