PNS Pemkab Magelang Kenakan Busana Jawa

MAGELANG (KRjogja.com) – Ada yang tidak biasa pada pelaksanaan apel pagi PNS dilingkungan Pemkab Magelang, Jumat (22/07/2016) di halaman Pemda Kompleks Setda setempat. Peserta apelnya seluruhnya menggunakan pakaian adat Jawa. Sebelumnya, mereka selalu menggunakan seragam dinas, baik Korpri, Batik atau lainnya.

"Apel ini memang dirancang lain dari biasa dimaksudkan untuk mengangkat adat dan kebudayaan sebagai kearifan lokal yang dapat mempesatukan bangsa dan masyarakat," kata Kepala bagian Humas dan Protokol Setda Magelang, Edi Wasono, SH.

Menurutnya, semangat kultular yang dibangun dalam membangun bangsa ini sampai merdeka, diwarnai dengan nilai-nilai kearifan lokal. Namun kini, nilai-nilai tersebut semakin pudar. Karena itulah, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Magelang mengangkat ini kembali. "Dengan menggunakan pakai jawa setiap tanggal 22 ini, kami ingin mengangkat kearifan lokal itu kembali," jelasnya.

Selain hal itu, lanjut Edi, penggunaan pakaian tradisional ini dalam rangka penggunaan pakaian kerja yang kemarin diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Magelang. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI