Pohon Sukun Tumbang Timpa Rumah Warga

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebagian wilayah dua desa di Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang dilanda angin kencang disertai hujan deras, Jumat (7/12/2018). Kedua desa tersebut adalah Desa Girirejo dan Desa Tempurejo. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sore hari tersebut.

Peristiwa ini memperoleh perhatian banyak pihak. Tim BPBD Kabupaten Magelang, Polsek Tempuran dan Camat Tempuran Daryoko Umar Singgih SIP MM dan staf juga melakukan penyisiran ke beberapa lokasi. Warga pun langsung melakukan kerja bakti ketika mengetahui di daerahnya terkena dampak dari terjadinya angin kencang dan hujan deras tersebut. 

Kalakhar BPBD Kabupaten Magelang Drs Edy Susanto mengatakan angin kencang terjadi di wilayah Dusun Krandegan Desa Tempurejo. Sebuah rumpun bambu roboh akibat tiupan angin kencang, dan menimpa kandang bebek milik Naroh. 

Di Dusun Banjaran Desa Tempurejo juga terjadi angin kencang, yang meyebabkan genteng atap rumah milik salah satu warga berhamburan. Dibantu beberapa warga, pembenahan atap genteng juga langsung dilakukan.

Sedang di Dusun Demesan Desa Girirejo terdapat sebuah pohon sukun yang roboh dan menimpa bangunan milik Dalijan (62). Ditemui di sela-sela pemotongan pohon sukun, Dalijan mengatakan saat itu kondisi rumahnya sedang kosong. Ia sendiri saat itu sedang berada di daerah lain. 
"Sekitar pukul 14.00 mendadak turun hujan, yang kemudian datang angin kencang dari arah barat dan utara menuju ke wilayah Dusun Demesan Desa Girirejo Kecamatan Tempuran Magelang serta berlangsung sangat cepat. Karenanya beberapa rumah mengalami kerusakan," ujar salah seorang warga setempat. 

Sebuah pohon sukun, yang tumbuh di belakang rumah Dalijan, roboh hingga terlihat seluruh akarnya. Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebuah pohon sukun lainnya yang tumbuh di samping pohon yang roboh juga ikut ditebang.

Masyarakat bersama relawan serta tim BPBD Kabupaten Magelang langsung melakukan pembenahan, khususnya setelah hujan reda. Beberapa anggota Polsek Tempuran dan Koramil Tempuran juga ikut berbaur bergotong-royong, demikian Camat Tempuran. Diantara mereka ada yang naik melakukan pemotongan dahan pohon yang ada di atas rumah Dalijan, ada juga yang menyingkirkan potongan kayu maupun melakukan pembenahan genteng rumah yang rusak untuk diganti genteng lain. (Tha)

BERITA REKOMENDASI