Pohon Tua Jalan Kosasih Ditebang

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Sebuah pohon pelindung yang terdapat di pinggir Jalan Kosasih Parakan Kabupaten Temanggung ditebang oleh dinas pekerjaan umum dengan alasan membahayakan warga, atau siswa. Pasalnya dahan dan ranting pohon tersebut seringkali patah saat terjadi angin kencang.

Seorang staf dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Temanggung, Choirudin disela-sela menebang pohon tersebut, Kamis (22/12/2016) menyatakan, penebangan pohon pelindung ini atas permintaan dari pihak pengurus TK Murni, Parakan. Karena patahan pohon tersebut seringkali menimpa siswa TK tersebut.

Bahkan beberapa hari lalu mencederai salah satu siswa TK Murni Parakan yang tertimpa dahan (ranting) pohon ketika angin kencang, sehingga anak itu terluka. Kejadian tersebut dialami saat orang tua mengantarkan anaknya di TK tersebut dengan memarkir kendaraan dibawah pohon pengayom itu.

"Tetapi ketika memarkir kendaraannya tiba-tiba ada ranting-ranting pohon yang patah diterpa angin kencang. Akibatnya, patahan ranting yang iitu menimpa anak TK hingga mengalami luka cukup serius," terangnya.

Ia menjelaskan, pihaknya tidak berani menebang pohon pengayom tanpa ada permintaan dari warga dengan alasan yang jelas. Sebab jika akan menebang satu pohon pengayom pun meski sudah berusia tua tetap harus minta ijin atau rekomendasi bupati. "Berbeda kalau ada permintaan warga, penebangan cukup rekomendasi dari dinas PU," paparnya.

Dikatakan pula, setiap menebang pohon pengayom, pihak PU juga mengganti dengan penanaman pohon baru. (Mud)

BERITA REKOMENDASI