‘Police Goes To School’ Perkuat Nasionalisme

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Kepolisian Resort (polres) Temanggung luncurkan program 'Police Go To School' untuk memperkuat nasionalisme pada kalangan pelajar. Setiap anggota polisi wajib menyambangi dan berkampanye 'NKRI Harga Mati' di sekolah dari pusat kota hingga di pelosok pedesaan.

"Semua sekolah mendapat sentuhan polisi tanpa kecuali, polisi menanamkan jiwa nasionalisme pelajar. Ini untuk memperkuat NKRI dan Kebhinnekaan," kata Kapolres Temanggung, AKBP Wahyu Wim Hardjanto, Senin (23/01/2017).

Dia mengemukakan pelajar adalah generasi penerus dan agen perubahan bangsa ini, sehingga selain harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) juga mempunyai rasa nasionalisme dan akhlak mulia. Harapannya iptek digunakan untuk memperkuat NKRI dan tidak merugikan orang lain. "Pelajar juga mendapat materi tentang kenakalan remaja, narkoba, miras dan pornografi," katanya.

Materi katanya disampaikan melalui upacara bendera dengan polisi sebagai inspektur upacara, atau polisi mengisi pelajaran di sekolah. Jadi setiap mulai Kapolres Temanggung sampai Babinkamtibmas di tiap polsek harus menyampaikan materi perkuatan nasionalisme pada siswa di sekolah-sekolah.

Dia menyampaikan akan menjadi inspektur upacara dan mengisi materi penguatan nasionalise di sejumlah sekolah, sedang pada kesempatan awal penguatan pada pertemuan kepala sekolah tingkat SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Temanggung, di Kantor Dindikpora Temanggung.

Dikatakan rasa patriotisme dan rasa kecintaan terhadap NKRI ini dirasakan sudah mulai luntur, dengan adanya sikap intoleran dari beberapa kelompok masyarakat. Serta banyak pihak yang ingin memecah belah bangsa Indonesia, diantaranya dengan adanya paham komunis, terorisme, dan lain sebagainya. Maka itu, perlu menghidupkan kembali karakteristik budaya Indonesia.

Kasubag Humas Polres Temanggung AKP Henny Widiyanti mengatakan sejumlah perwira yang Senin ini bertugas mengisi di sekolah antara lain, AKP Widodo Suwardi di SMPN 3 Temanggung, dan AKP Ari Sulistiawan di SMPN I Temanggung. "Kami dari kepolisian sangat peduli dengan kelangsungan NKRI sehingga dengan senap potensi yang ada berjuang menanamkan nilai-nilai dan jiwa nasionalisme untuk mempertahankan NKRI," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI