Polisi Siaga, Pilkades Lebih Rawan dari Pemilu

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak tahap dua yang akan berlangsung akhir Januari 2019 di Kabupaten Purworejo dinilai akan lebih rawan jika dibandingkan dengan Pemilu legislatif maupun Pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres). Pilkades di Purworejo akan digelar di 343 desa di seluruh kecamatan.

“Kedamaian dan kesejukan Purworejo akan diuji lewat perhelatan berbagai pemilihan ini. Namun menurut saya Pilkades akan lebih rawan karena gesekan sangat pendek,” kata Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM, Kamis (20/12/2018).

Dalam kegiatan forum komunikasi dengar aspirasi publik dengan tema mewujudkan suasana kondusif menjelang Pileg dan Pilpres 2018 di pendapa rumah dinas bupati setempat, Agus Bastian berharap agar masyarakat Purworejo mampu menjaga kondusifitas keamanan. “Saya yakin Purworejo tidak seperti daerah lainnya, dalam menyambut pesta demokrasi. Namun karena tahun itu bersamaan pula dengan Pilkades serentak maka segala kemungkinan perlu diantisipasi,” jelasnya.

Untuk menjaga kondusifitas itu Polres Purworejo menyiagakan 816 personil Polisi yang akan mengamankan jalannya Pilkades. Sedang untuk kegiatan Pemilu legislatif dan Pilpres menyiagakan sekitar 534 personil. “Personil Polri ini akan bersinergis dengan TNI dan petugs aparatur sipil Negara (ASN) yang bertugas pada kegiatan Pilkades,” kata Wakapolres Purworejo Kompol Andis Arfianto SH MH.

Keamanan menurut Andis Arfianto, tidak datang dengan sendirinya. Namun tetap harus ada upaya dan partisipasi masyarakat, TNI, Polri, pemerintah, dan komponen lainnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI