Polres Eks Polwil Kedu Sukses Ringkus Semua TO

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJogja.com – Selama pelaksanaan Operasi Sikat Jaran Candi Tahun 2021, Polres di jajaran eks Polwil Kedu (Polres Magelang Kota, Polres Magelang, Polres Temanggung, Polres Wonosobo, Polres Kebumen dan Polres Purworejo) berhasil mengungkap target operasi (TO) sebanyak 100 persen. Bahkan beberapa perkara non TO pun juga banyak yang berhasil diungkap.

Dalam press release yang dilaksanakan di Gedung Bhayangkara Utama Polres Magelang, Selasa (2/11/2021), Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin SIK MH kepada wartawan mengatakan ada 15 perkara atau kasus yang menjadi TO, dan semuanya berhasil diungkap. Ada 16 tersangka yang berhasil ditangkap.

Untuk perkara non TO, lanjut Kapolres Magelang Kota yang didampingi Kapolres Magelang AKBP M Sajarod Zakun SH SIK, Kapolres Purworejo AKBP Fakhrurozi SIK MM, Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin SH SMIK MH, Kapolres Wonosobo AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT dan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama SH SIK MH, ada 27 kasus yang juga berhasil diungkap dengan 29 tersangka, baik untuk tersangka perkara yang berkaitan dengan Pasal 363 KUHP (tentang pencurian dengan pemberatan), Pasal 365 KUHP (tentang pencurian dengan kekerasan) maupun Pasal 480 KUHP (tentang pertolongan jahat atau penadahan barang hasil kejahatan).

Kendaraan roda 2 yang berhasil diamankan ada 33. Juga HP, sejumlah uang tunai dan beberapa peralatan yang dipakai saat melakukan aksinya, diantaranya Kunsi “Y”, obeng, besi dipipihkan maupun lainnya.

Sebelumnya, di Gedung Bhayangkara Utama Polres Magelang juga dilaksanakan press realese dengan Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi SH SSt MK secara virtual. Di forum ini juga dilakukan secara simbolis penyerahan beberapa sepeda motor hasil tindak pencurian kepada pemiliknya oleh para Kapolres jajaran eks Polwil Kedu secara bergantian. Dialog dengan beberapa tersangka juga dilakukan secara bergantian.

Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi “Sikat Jaran Candi 2021” dilaksanakan 20 hari, yaitu 11-30 Oktober 2021, secara serentak oleh Ditreskrimum Polda Jateng dan seluruh Polres jajaran Polda Jateng.

Tujuan operasi ini yaitu terungkapnya para pelaku, residivis dan penadah hasil tindak pidana dengan modus pencurian dengan pemberatan (Curat) dan pencurian dengan kekerasan (Curas) untuk menciptakan situasi yang kondusif di wilayah hukum Polda Jateng. Polres jajaran eks Polwil Kedu berhasil menyelesaikan seluruh TO yang diberikan. (Tha)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI