Polres Jamin Keamanan Pilbup Purworejo

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Purworejo bersama Kodim 0708, Satpol PP Linmas dan Damkar, beserta jajaran pengamanan lainnya menggelar simulasi Sistem Pengaman Kota (Sispamkota) dalam menghadapi pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) tahun 2020.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Mapolres Purworejo ini dipimpin langung Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito SIK, SH, MSi. “Saya ingin Pilbup di Purworejo berjalan dengan baik, maka kami akan berupaya melakukan pengamanan secara maksimal,” kata Rizal Marito, Jumat (18/9).

Dalam simulasi itu digambarkan bahwa kantor KPU Purworejo digruduk massa yang menuntut pemilihan ulang di sebuah TPS karena ada indikasi kecurangan, Dalam mediasi KPU menolak pemungutan suara ulang hingga massa beringas.

Untuk mengindari kerusakan semakin parah Polres Purworejo mengerahkan pasukan dalmasnya, dengan bantuan Kodim 0708 dan Pemda hingga massa dapat dikendalikan. Namun sebagian massa justru menjarah pertokoan hingga polisi melakukan tindakan terukur serta melakukan penangkapan terhadap pelaku penjarahan.

“Ini merupakan simulasi ketika situasi Pilbup tidak kondusif,” tambah Rizal Marito.

Fokus pengamanan ini akan dilakukan mulai dari tahap kampanye pasangan calon (Paslon), hari tenang, hingga hari pelaksanaan Pilbup dan pasca pemilihan dengan tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19.

“Saya mengajak warga masyarakat Purworejo untuk tetap dalam situasi yang kondusif terkait Pilbup ini,” tambahnya. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI