Polres Magelang Amankan 121 Kendaraan Bermasalah, Mulai Protolan Hingga Knalpot Jambrong

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebanyak 121 sepeda motor dan satu kendaraan roda empat diamankan di Mapolres Magelang. Selain ada yang menggunakan knalpot jambrong dan protolan, ada juga yang tidak disertai dengan surat-surat. Ada juga yang diduga akan dipakai untuk kegiatan balap liar.

Demikian antara lain dikemukakan Kapolres Magelang AKBP M Sajarod Zakun SH SIK saat ditemui wartawan, Senin (31/1/2022). Kendaraan tersebut diperoleh ketika Sat Lantas Polres Magelang melaksanakan razia di jalan raya Magelang-Yogyakarta, termasuk razia balap liar, tepatnya di kawasan Metro Square Mertoyudan Magelang.

“Kita tertibkan terhadap kendaraan-kendaraan yang tidak standar atau tidak sesuai dengan peruntukannya. Ini sesuai dengan arahan Kapolda Jateng bahwa Jawa Tengah harus Zero knalpot brong. Selain itu juga adanya keluhan masyarakat terhadap knalpot tidak standar, khususnya setiap malam Minggu,” kata Kapolres Magelang. di Mapolres Magelang.

Razia ini akan dilaksanakan setiap hari, terutama di jalur-jalur yang sering dipergunakan untuk kegiatan balap liar. “Seperti di depan Metro Square sering dijadikan lokasi ajang balap liar. Hal ini bisa menimbulkan gangguan kamtibmas dan kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu kita lakukan penertiban,” tegas Kapolres Magelang.

Menurut Kapolres Magelang, kendaraan bermotor yang berhasil diamankan tersebut akan dijadikan edukasi kepada masyarakat agar selalu menggunakan kendaraan yang sesuai speknya.

“Ini bisa dijadikan edukasi, dan kami berikan pemahaman kepada pengendara roda dua agar jangan merubah spek dari kendaraan standar, khususnya pada knalpot, karena berakibat mengganggu masyarakat lainnya,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI