Polres Magelang Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Wati

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap seorang wanita bernama Wati (29), sempat memperoleh perhatian banyak warga, Kamis (8/10/2020). Beberapa anggota Polsek Mertoyudan dan Polres Magelang nampak berjaga di sekitar rumah yang ditempati pelaku FL (23). Demikian juga di areal kebun tebu, dekat rumah yang ditempati FL.

Kalau sebelumnya darah Dusun Semampir Desa Pasuruhan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang tersebut nampak sepi, namun tanpa diduga banyak warga yang berdatangan untuk menyaksikan jalannya rekonstruksi yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Magelang AKP Hadi Handoko dan disaksikan jaksa Heni Nugroho SH dan Reni Ritama SH dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang, pembela hukum Satria Budhi SH, Kabag Ops Polres Magelang Kompol Maryadi SH dan Kasat Sabhara Polres Magelang AKP Bambang S SSos serta Kapolsek Mertoyudan AKP Soedjarwanto maupun lainnya.

FL nampak lancar dan tidak canggung saat melakukan adegan demi adegan, sejak awal hingga akhir. Untuk korban, kadang diperankan anggota Sat Reskrim Polres Magelang dan kadang menggunakan sebuah boneka. Boneka diantaranya dipergunakan ketika memerankan adegan persetubuhan di dalam kamar sebelum tindak pembunuhan dilakukan, ketika dibawa keluar kamar dengan posisi tubuh dan kedua tangannya diikat, ketika terjatuh di samping dapur rumah dan ketika peragaan penyeretan kedua kaki korban hingga lokasi pembuangan di areal kebun tebu.

Rekonstruksi ini, kata Kasat Reskrim Polres Magelang, juga untuk meyakinkan penyidik dan memberikan keyakinan kepada jaksa bahwa fakta dari perbuatan pelaku memang ada, mengingat hanya pelaku dan korban yang ada di lokasi kejadian saat itu. Ada beberapa adegan yang dilakukan FL saat rekonstruksi.

Rekonstruksi diawali dengan kedatangan korban Wati ke rumah yang ditempati FL. Bukan masuk lewat pintu depan, Wati masuk rumah FL lewat pintu samping dan langsung menuju ruang dapur. Di ruangan tersebut juga terdapat sebuah sumur. Rekonstruksi diakhiri dengan prosesi penyeretan tubuh Wati dari samping dapur rumah yang ditempati FL hingga areal kebun tebu, yang berjarak beberapa meter. (Tha)

 

BERITA REKOMENDASI