Polres Purworejo Angkat Potensi Wisata Lokal

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO(KRJOGJA.com) – Polres Purworejo membantu mengangkat potensi wisata lokal. Polisi dari sejumlah kesatuan yang tergabung dalam komunitas Explore Purworejo itu mengeksplorasi beberapa objek wisata dengan cara membuat film dokumenter.

Mereka mendatangi objek wisata alam Gunung Ijo Durensari Bagelen, Desa Wisata Kaligono Kaligesing dan arung jeram Sungai Bogowonto. "Dalam dua bulan sudah ke tiga objek, kami tidak hanya berkunjung," ucap Aiptu Sayogi, Kanit Pam Obvit Polres Purworejo, mewakili Kapolres AKBP Satrio Wibowo SIK, kepada KRJOGJA.com, Selasa (9/5).

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan selama mengeksplorasi adalah merekam potensi objek wisata. Mereka menggunakan kamera digital, handycam dan kamera drone.

Gambar yang dihasilkan diedit dan diberi narasi, kemudian diunggah ke internet lewat jejaring video Youtube

. Hasil karya polisi itu juga diunggah dan disebarkan lewat akun media sosial yang mereka miliki.

Komunitas tersebut telah mengunggah empat video ke dunia maya. Setiap video rata-rata disaksikan ribuan pengunjung dan mendapat puluhan likes

Kanit Patroli Polres Purworejo Aiptu Mustofa menambahkan, jalan-jalan ke objek wisata merupakan hobi komunitas Explore Purworejo. "Daripada pergi ke tempat jauh, akan lebih baik jalan-jalan di sekitar Purworejo. Potensi wisatanya sangat banyak, ada gunung, hutan, sungai dan pantai," tuturnya.

Komunitas tersebut juga bekerjasama dengan penyedia jasa wisata untuk mengeksplorasi beberapa objek. "Kami kerjasama dengan Bogowonto Adventure Rafting (BAF) ketika arung jeram di Sungai Bogowonto," katanya.

Selain berkunjung dan membuat film dokumenter, komunitas juga mengajak penduduk sekitar untuk menjaga kelestarian dan keamanan objek wisata.(Jas)

BERITA REKOMENDASI