Polres Purworejo Bangun Kebersamaan Lewat Panggung

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kepolisian Resot (Polres) Purworejo membangun kebersamaan dengan menggelar lomba seni paduan suara tanpa musik (Acapella). Ajang lomba untuk tingkat SLTA ini diikuti 18 kelompok paduan suara, dari 18 sekolah yang ada di Purworejo.

Kegiatan yang digelar di panggung Alun-alun besar Purworejo  ini menjadi ajang untuk merajut sebuah persaudaraan serta kebersamaan dalam menjaga keutuhan NKRI. Disinilah para peserta diwajibkan membawakan lagu Tanah Airku dan lagu-lagu pilihan asal Papua guna menumbuhkan rasa nasionalisme.

“Lomba ini selain dapat menjadi wahana hiburan masyarakat Purworejo, juga menjadi ajang unjuk kreativitas para siswa SMA sederajat yang menyukai seni Acapella,” kata Sekda Purworejo Drs Said Romadhon, Senin (7/10/2019) malam.

Dewasa ini menurut Said Romadhon, pengaruh globalisasi dan modernisasi sungguh sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali dalam bidang seni budaya. “Kita bisa menyaksikan bagaimana beragam seni budaya asing masuk ke dalam peradaban kita sehingga terjadi akulturasi budaya yang sangat kompleks,” tandasnya.

Tidak jarang pula seni budaya asing itu mengusung nilai-nilai yang tidak selaras bahkan bertentangan dengan nilai budaya bangsa. “Ironisnya, seni budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai ke-Indonesia-an itu seringkali justru digemari oleh masyarakat kita, terutama generasi muda,” keluhnya. 

Diharapkan pula, bahwa kegiatan seperti ini bisa dikelola sedemikian rupa tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal, serta dikemas sedemikian rupa menjadi agenda tahunan yang semakin meningkat kualitas maupun kuantitasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI