Polres Temanggung Dukung Kebangkitan Pariwisata Alam

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kepolisian Resort Temanggung membantu kebangkitan pariwisata alam di daerah tersebut untuk percepatan peningkatan kesejahteraan warga.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi mengatakan pandemi Covid-19 telah melumpuhkan pariwisata di Temanggung, tidak terkecuali pariwisata alam. Padahal sebelum pandemi Covid-19, pariwisata alam sedang digiatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kalangan swasta, warga secara mandiri dan pemderintah desa saat sebelum pandemi sedang bergairah membangun dan mengembangkan pariwisata alam, Pandemi membuat gairan pariwisata terhenti,” kata Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi, Selasa (7/6).

AKBP Agus Puryadi mengatakan Polres Temanggung dari awal terlibat dalam pengembangan pariwisata alam di wilayah hukumnya. Keterlibatan itu baik secara institusi melalui promosi dan penciptaan kondusivitas keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Dikemukakan begitu ada pandemi Covid-19, diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat, tempat wisata ditutup untuk mencegah paparan virus corona.

Kini kata dia, tempat wisata telah dibuka kembali sehingga Polri terlibat dalam promosi agar wisata kembali bangkit, dan warga yang terpuruk perekonomiannya bisa lekas bangkit

“Polri dalam hal ini polres Temanggung juga giatkan partroli untuk penciptaan kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Siskampling kami giatkan kembali,” kata dia.

Dikatakan tanpa terciptanya kondusivitas yang baik di tempat wisata, dan lingkungan tempat wisata, wisatawan tidak akan dapat menikmati dalam berwisata. yang akhirnya destinasi itu sepi.

“Promosi wisata, keamanan dan ketertiban harus mendukung dalam kegiatan wisatawan,” kata dia.

Promosi wisata yang dilakukan, Polres Temanggung dikemukakanya, ditempuh dengan berkirim informasi positif terkait obyek wisata baik melalui web institusi maupun blog milik personel anggota Polres Temanggung.

“Kami juga giatkan promosi melalui pesan sosial media yang dimiliki. Kami juga akan melakukan kegiatan dilokasi wisata, sebagai salah satu bentuk promosi lokasi wisata,” kata dia.

Kabid Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Temanggung Muhammad Arbain mengatakan tempat wisata di Temanggung telah dibuka dan pihaknya gencar melakukan promosi berusaha mendatangkan warga untuk berwisata.

“Promosi melalui media online, web maupun memasang media luar ruang,” kata dia.

Dia berharap ada kebangkitan wisata alam di Temanggung, Sebab keunggulan di daerah tersebut adalah alam yang indah sehingga banyak destinasi alam yang dibuat baik oleh masyarakat, investor dan pemerintah desa.

Bergairahnya dunia wisata diharapkan mampu berdampak positif dengan meningkatkan kesejahteraan warga terutama pelaku wisata. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI