Polres Temanggung Gunakan E-KTA

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Polres Temanggung baru menerapkan kartu tanda anggota elektronik (e-KTA) bagi seluruh anggota yang ada, meski secara nasional sudah dilounching pada 2014. Salah satu keunggulan kartu tersebut adalah dapat untuk transaksi perbankan, selain mengupdate data historis anggota. 

Kapolres Temanggung AKBP Wahyu Wim Hardjanto Rabu (14/09/2016) mengatakan KRA elektronik sebagai sebuah kebutuhan dan tuntutan jaman. Kartu tersebut multifungsi, selain penyimpanan data base anggota dan sekaligus bisa digunakan transaksi ekonomi. " Kartu ini jelas lebih simpel, lebih praktis, efisien," katanya 

Diharapkan KTA elektronik dapat menunjang tugas-tugas anggota polri di era digital sekarang ini. Anggota tidak perlu mempunyai banyak kartu dan menyimpanya seperti kartu ATM dari berbagai bank dan kartu anggota. Anggota cukup dengan satu kartu. 

Kartu ini, terangnya dapat untuk menerima gaji sebab gaji anggota personel yang sudah terdaftar dalam sistem ini akan langsung masuk ke rekening dan bisa langsung dicek melalui kartu ATM ini. “Setiap tanggal satu tiap bulanya, gaji anggota Polri sudah otomatis masuk ke rekening atau ATM tersebut,” katanya.

Disampaikan dalam pembuatan KTA elektronik ini Polres bekerja sama dengan salah satu bank nasional dan semua anggota atau sebanyak 645 anggota telah mendapatkannya. 

Wahyu menjelaskan pada KTA itu terdapat chip yang digunakan untuk menyimpan data historis tiap-tiap personel yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga dapat terus meng-update. (Osy)

BERITA REKOMENDASI