Polisi Cek Aplikasi PeduliLindungi Pengguna Jalan

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Satlantas Polres Temanggung gelar operasi untuk mengecek smartphone pengguna jalan terutama pengemudi kendaraan lintas kota untuk memastikan terpasangnya aplikasi PeduliLindungi, Senin (6/9).

Kasatlantas Polres Temanggung AKP Muhammad Fadhlan mengatakan pemasangan aplikasi PeduliLindungi pada telphon genggam menjadi kebutuhan masyarakat terutama yang tingkat mobilitasnya tinggi, seperti pengemudi atau mereka yang bekerja di luar kota.

” Kami memastikan pengguna jalan, sopir, atau masyarakat di telphon genggamnya terpasang aplikasi PeduliLindungi. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan seluruh moda transportasi mulai dari darat, laut, udara dan perkeretaapian untuk menerapkan aplikasi ini,” kata AKP Muhammad Fadhlan, Senin (6/9).

AKP Muhammad Fadhlan mengatakan melalui aplikasi PeduliLindungi diharapkan dapat mengontrol mobilitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Penerapan aplikasi tersebut diberlakukan secara serentak mulai Sabtu, (28/8)

Muhammad Fadhlan menjelaskan transportasi menjadi salah satu sektor penting mengontrol mobilitas masyarakat selama pandemi Covid-19. Maka itu, tempat-tempat transportasi seperti stasiun, terminal, pelabuhan, dan bandara menjadi bagian penting bagi pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dikatakan aplikasi PeduliLindungi antara lain bermanfaat membantu petugas memastikan proses validasi dokumen kesehatan di simpul transportasi secara digital, sehingga lebih aman, cepat, mudah dan sederhana.

Selain itu kata dia, penggunaan aplikasi PeduliLindungi dapat meminimalkan kontak fisik karena tidak harus membawa dokumen kertas hasil tes Covid-19 atau kartu vaksinasi serta efektif untuk menghindari adanya pemalsuan hasil tes swab baik PCR maupun antigen.

Dia mengatakan di Temanggung dari hasil operasi belum banyak pengguna jalan yang mengunduh dan memasang Aplikasi Peduli Lindungi di telphon genggam. Petugas di lapangan masih sosialisasi, dan memberi teguran pada pengendara yang tidak menerapkan protokol kesehatan serta mengikuti vaksinasi Covid-19.

” Polri terus berjuang untuk menurunkan angka kasus Covid-19 di Temanggung,” kata dia. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI