Polsa Bertekad Cetak Lulusan Siap Kerja

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Purworejo terus berupaya mencetak alumni yang siap bersaing dalam dunia kerja. Upaya tersebut dilakukan antara lain dengan mengajak mahasiswa melakukan kunjungan industri ke sentra usaha.

Ketua Program Studi Akuntansi Polsa Caecilia Rosma W SE MSi Ak mengatakan, kunjungan industri dilakukan untuk mengenalkan mahasiswa dengan dunia kerja. "Mahasiswa sekarang tidak hanya dituntut cakap secara akademik, tetapi juga punya keterampilan," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Jumat (14/12/2018).

Dikatakan, kampus ingin mahasiswa termotivasi untuk selalu meningkatkan kualitasnya. Bahkan, katanya, akan menjadi kebanggaan civitas akademika apabila ada lulusan yang berhasil menjadi enterpreneur hingga membuka lapangan kerja untuk lingkungan di sekitarnya.

Kunjungan industri dilakukan sesuai dengan program studi mahasiswa. Mahasiswa program studi Akuntasi, katanya, mengadakan kunjungan ke produsen perhiasan perak HS Silver di Kotagede Yogyakarta dan Kantor Akuntan Publik Drs Inaresjz Kemalawarta Yogyakarta.

Direktur Polsa Sapta Aji Sri Margiutomo SE MM mengemukakan, mempersiapkan tenaga handal yang mampu bersaing di bursa kerja atau menjadi wirausahawan menjadi kewajiban kampus. Polsa, lanjutnya, mengajak mahasiswa membuka wawasan bahwa ada banyak peluang di sekitar mereka yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan.

Menurutnya, mahasiswa wajib memiliki inovasi dan kreatif demi menyongsong pembangunan di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sapta Aji meyakini Purworejo akan menjadi kota yang berkembang dan maju setelah New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo Yogyakarta beroperasi.

Ditambahkan, masyarakat Purworejo hanya akan menjadi penonton apabila kualitas sumber daya manusianya tidak ditingkatkan. "Anak muda kelak harus kreatif menciptakan dan menangkap peluang, saya yakin akan ada banyak potensi ekonomi yang bisa digarap terutama setelah ada bandara. Kami tingkatkan kualitas mahasiswa, selain lewat kunjungan industri juga melalui tugas-tugas kewirausahaan," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI