Polsa Buka Program Beasiswa Perangkat Desa

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Kutoarjo membuka  program beasiswa untuk perangkat desa di Kabupaten Purworejo. Polsa menyediakan kuota 30 perangkat desa untuk dididik secara gratis. Yayasan Polsa mengalokasikan anggaran Rp 315 juta untuk program itu.

"Kami membuka program beasiswa sebagai solusi persoalan yang selama ini dihadapi para perangkat desa ketika menjalankan tugasnya," tutur Direktur Polsa, Sapta Aji Sri Margiutomo SKom MM kepada KRJOGJA.com, Senin (17/09/2018).

Polsa memiliki program pendampingan desa. Tim ahli kampus itu mendampingi dan melatih perangkat desa dalam penganggaran serta menyusun laporan. Namun perangkat kerap mengeluhkan kesulitan dalam melaksanakan kewajiban administrasi itu.

Menurutnya, perangkat desa membutuhkan pelatihan yang lebih intensif sehingga muncul ide membuat beasiswa pada program studi Akuntansi. Awalnya, kata Sapta, hanya perangkat desa di Kecamatan Kutoarjo yang dapat mengikuti program.

Namun banyak usulan dari masyarakat, sehingga program diperluas untuk 16 kecamatan. Polsa bekerjasama dan mendapat dukungan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Purworejo. "Animonya bagus, sudah 20 perangkat desa mendaftar. Pendaftaran dibuka sampai kuota terpenuhi, atau maksimal 30 Oktober 2018," terangnya.

Dosen Akuntansi Polsa Agus Dwi Atmoko SE MM menambahkan, perangkat desa yang dapat mengikuti program minimal lulus SLTA dan memiliki bukti rekomendasi kepala desa setempat. Polsa tidak membatasi usia penerima beasiswa.

Menurutnya, peserta beasiswa akan disatukan dalam kelas khusus. Materi pendidikan difokuskan pada komputer dan akuntansi. "Dosen akan mengajarkan teori dan praktik, tujuannya menyiapkan perangkat desa agar mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik," tandasnya. (Jas)

 

 

BERITA REKOMENDASI