Polsek Bandongan Amankan Balon Udara

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRJogja.com) – Tiga balon udara diamankan tim Polsek Bandongan Polres Magelang Kota. Selain itu juga diamankan 0,5 ons bahan untuk membuat petasan. Jajaran Polres Magelang Kota masih terus mengintensifkan penyelidikan terhadap kemungkinan masih ada aktivitas pembuatan balon udara dan petasan.

Kapolsek Bandongan AKP I Gede Mahardika kepada wartawan di Mapolsek Bandongan Magelang, Sabtu (1/7/2017) sore, mengatakan balon udara diamankan dari seorang warga yang tinggal di wilayah Kecamatan Bandongan Magelang. Satu balon sedang dirapikan bagian tepinya, sedang 2 balon lainnya sudah jadi dan siap untuk diterbangkan.

Balon yang diamankan tersebut bervariasi ukurannya, demikian juga diameter lingkaran bagian bawah balon. Ada yang berdiameter 40 Cm dan ada juga 50 Cm. Panjang atau tingginya juga bervariasi, ada yang 3,5 meter dan ada juga 4 meter. Bila di bagian tengahnya sudah terisi asap, besarnya juga berbeda antara satu balon dengan balon lainnya.

Di bagian bawah balon rencananya juga akan digantung beberapa petasan yang direnteng dengan ukuran bervariasi, sehingga pada ketinggian tertentu petasan rentangan tersebut akan terbakar dan meletus di udara. "Namun ini belum sampai diterbangkan, sudah berhasil diamankan," tambah Kapolsek Bandongan.

Berbagai kegiatan sosialisasi mengenai bahaya petasan dan balon udara sudah dilakukan di wilayah Bandongan. Bila jatuh di areal tanaman kering, balon udara yang masih ada apinya juga dapat membakar tanaman yang ada di lokasi tersebut. Demikian manakala jatuh di rumah penduduk maupun lainnya. (Tha)

 

BERITA REKOMENDASI