Ponpes Azziadah Rangkul Anak Jalanan

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Melakukan pendekatan terhadap anak-anak jalanan yang liar, bukanlah pekerjaan mudah. Terlebih jika mengajak mereka untuk kembali ke jalan yang benar, sungguh sesuatu yang banyak ditentang. Belum lagi cemooh dari masyarakat.

“Saya mendekati mereka itu bukan soal mudah. Bahkan terkadang masyarakat sendiri mencemooh karena saya bergaul dengan mereka,” kisah Ustadz Taufik Hidayat (29), salah seorang putra pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Azziadah yang berdomisili di RT 07/RW 04 Desa Tegalsari Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo, Kamis (21/5).

Upaya Ustadz Taufik untuk mendekati anak-anak jalanan, bukanlah tanpa tujuan. Mereka sengaja diajak untuk kembali ke jalan yang benar, syukur bersedia bergabung di pesantrennya untuk belajar agama. “Prinsip saya hidup berguna untuk orang lain,” tandasnya.

Olah karenanya, anak dan remaja jalanan bukan orang yang harus dijauhi tapi harus didekat. Dengan harapan memberikan penyadaran ke jalan sesuai ajaran Islam dalam Al Quran.

“Banyak ungkapan sinis yang mengatakan, anak kyai kok mau dekat dengan orang jalanan. Saya menganggap ini tantangan yang harus saya hadapi,” katanya.

Ditegaskan pula, bahwa dalam memandang orang lain jangan melihat keburukannya saja, tanpa melihat duduk permasalahannya. Dengan mengetahui yang sebenarnya, insya Alah akan diberi kemudahan dalam menyadarkan. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI