Ponpes Ushuluddin Peringati Haul Kiai Muhammad Ushul III

MAGELANG, KRJOGJA.com – Acara haul Simbah Kiai Muhammad Ushul III dan khataman santri Pondok Pesantren Ushuluddin di Dusun Bawang Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang dihadiri banyak orang, Minggu (15/10/2017). Ceramah agama pada acara ini disampaikan Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Gebang Purworejo KH Ahmad Chalwani Nawawi.

Pengasuh Pondok Pesantren Ushuluddin Bawang Salaman Magelang KH Mashur Chadziq diantaranya mengatakan khaul Simbah Kiai Muhammad Ushul ini yang ke-68, dan ini dihitung dari mulai dilaksanakannya kegiatan khaul, bukan dihitung dari waktu wafatnya. Sebab, zaman dahulu belum ada buku catatat dan Kiai Muhammad Ushul pendiri pondok pesantren ini berada di awal abad XVIII. 

"Ini pondok pesantren kecil, tetapi sudah kuna. Tetapi semoga tidak menjadi pondok antik yang hanya diantik-antikan dan hanya dielus-elus," kata Gus Manshur, panggilan akrab KH Drs Mashur Chadziq.

Dikatakan, manusia hanya dapat merencanakan, dan semua yang menentukan Allah SWT. Allah bila mengabulkan terhadap permohonan makhluk-Nya ada pada waktu yang memang benar-benar dikehendaki-Nya, bukan pada waktu yang diharapkan manusia. Pada keinginan pemohon, diharapkan pagi berdoa atau memohon dan sorenya dapat langsung dikabulkan. Malam memohon atau berdoa, paginya dikabulkan. 

"Kehendak Tuhan kadang tidak sama dengan apa yang dimohonkan manusia. Kalau manusia tidak ikhlas atau tidak ridha menerima keadaan, akan menyebabkan kecewa atau menggerutu." (Tha)

BERITA REKOMENDASI