Positif Covid-19 Capai 64 Kasus, Lebaran di Wonosobo Stop Tradisi Saling Berkunjung

Editor: KRjogja/Gus

WONOSOBO,KRJOGJA.com – Jumlah komulatif penderita positif virus korona (Covid-19) di Kabupaten Wonosobo mencapai 64 kasus, pada Sabtu (16/5/2020). Masih terus bertambahnya kasus positif Covid-19 tersebut, mendorong Bupati Wonosobo Eko Purnomo mengeluarkan Instruksi Bupati (Inbup) Nomor 091 Tahun 2020, sebagai kebijakan strategis atau langkah antisipasi menghadapai perayaan Lebaran atau Idul Fitri 1441 H.

Salah satu poin penting dalam Inbup tersebut adalah himbauan kepada masyarakat untuk meniadakan atau ‘Stop’ tradisi saling berkunjung ke rumah tetangga, sanak saudara, baik dalam lingkup desa, antar desa, maupun antar kecamatan selama perayaan Lebaran. Selain itu, warga masyarakat juga dihimbau untuk Salat Ied di rumah masing-masing, serta tidak melaksanakan acara Halal bi halal, baik yang hanya dengan tetangga sekitar, atau dalam lingkup lebih luas hingga menimbulkan keramaian dan kerumunan massa.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo, menegaskan bahwa Inbup tersebut resmi dikeluarkan karena mempertimbangkan kondisi semakin meluasnya persebaran kasus Covid-19 di daerah. Jadi, berbagai aktivitas dan kegiatan warga selama perayaan Lebaran yang berpotensi menjadi ajang penularan Covid-19, harus diantisipasi sejak dini.

“Demi memutus mata rantai persebaran dan penularan Covid-19, kami minta seluruh warga masyarakat bisa mentaati dan melaksanakan Instruksi Bupati ini. Kami yakin dengan semangat kebersamaan, kompak, dan disipilin seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, maka mata rantai persebaran bisa diputus,” paparnya.

BERITA REKOMENDASI