Positif Covid-19 Tambah Jadi 56 Kasus dan Ada Tren Perlambatan

Kabar baik lainnya, lanjut dr Riyatno, jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh juga terus meningkat. Dari total 56 kasus positif Covid-19, sebanyak 14 orang sudah dinyatakan sembuh dan 42 orang masih dirawat di ruang isolasi. “Kami yakin tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 akan terus meningkat, karena sebagian besar pasien positif maupun pasien dalam pengawasan (PDP) hanya mengalami gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG),” ujarnya.

Lonjakan kesembuhan juga terjadi pada pasien PDP, jelasnya, yakni dari jumlah PDP 157 kasus, sebanyak 88 PDP yang mayoritas sebelumnya telah dinyatakan reaktif Covid-19 pada pemeriksaan Rapid Test, berhasil sembuh atau hasil Swab negatif. Termasuk 13 tenaga kesehatan (nakes) dari 15 nakes yang sebelumnya dinyatakan reaktif, juga telah dinyatakan sembuh setelah hasil Swab negatif. Untuk 2 nakes lainnya masih menunggu hasil Swab, semoga hasilnya juga negatif. Sementara PDP masih dirawat di ruang isolasi rumah sakit ada 63 orang, PDP isolasi mandiri 2 orang, dan PDP meninggal dunia ada 4 orang.

Terkait belum putusnya mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah, pihaknya juga meminta warga masyarakat bisa lebih mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan, seperti tetap berada di rumah, mengurangi interaksi fisik dengan warga lain atau jaga jarak, mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, serta disiplin menjaga kebersihan dengan cuci tangan pakai sabun setiap beraktivitas. (Art)

BERITA REKOMENDASI