Potensi Agrobisnis Jateng Selatan Layak Diangkat

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Wilayah Jawa Tengah bagian selatan dinilai memiliki potensi ekonomi yang besar. Potensi yang menjadi unggulan kawasan tersebut antara lain adalah agrobisnis.
Hal tersebut dikatakan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan Jawa Tengah, Abdul Kholik. “Saya memiliki gagasan yang bernama Ekonomi Berbasis Kawasan untuk mmbangun Jateng Selatan,” katanya kepada KR, saat berada di Pondok Pesantren (PP) An Nawawi Berjan Gebang Purworejo, Selasa (1/2).
Menurutnya, Jateng membutuhkan poros ekonomi tambahan sebagai pusat pertumbuhan baru. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan keseimbangan dan pemerataan pembangunan di provinsi itu.
Dalam konsep Ekonomi Berbasis Kawasan, katanya, akan menitikberatkan pada pengembangan sektor agrobisnis. “Kita terus mematangkan konsepsi kawasan ini dari segi keunggulan dan kelebihannya, tapi satu yang pasti kita punya jejak sejak zaman dulu ini adalah kawasan Agropolitan,” tuturnya.
Dikatakan, konsep agropolitan merupakan kota pertanian yang tumbuh dan berkembang karena berjalannya sistem serta usaha agribisnis. Kawasan agropolitan, katanya, akan mampu mendorong kegiatan pembangunan pertanian di wilayah sekitarnya.
Pengembangan kawasan agropolitan di wilayah Jateng bagian selatan, katanya, didukung banyaknya akses dan jalan poros nasional. Selain itu, terdapat Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) yang telah beroperasi dan jalur kereta. Rencana pembangunan jalan tol Yogyakarta – Cilacap – Bandung, katanya, juga akan menjadi faktor pengungkit kawasan tersebut. “Untuk infrastruktur pendukung lain ada Bendungan Bener dan Borobudur,” ungkapnya.
Seluruh rangkaian di atas, lanjut Abdul Kholik, diyakini akan menggerakkan ekonomi kawasan Jateng selatan, khususnya wilayah Karesidenan Kedu dan Banyumas. Namun, butuh dukungan semua elemen masyarakat untuk mendorong majunya daerah. “Kalau kawasan ekonomi itu bisa eksis, akan menjadi wilayah mandiri yang mampu mencukupi kebutuhan masyarakatnya,” paparnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI