Potensi Alam, Misteri Curug Kiai Kate Cepedak

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Menikmati air terjun atau curug Kiai Kate di Desa Cepedak Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo, terasa berada di sebuah lembah yang sejuk. Buliran air yang berhembus bersama angin pegunungan menambah suasana menjadi semakin nyaman untuk berlama-lama di lokasi yang banyak bebatuan ini.

“Ada banyak orang yang setiap musim libur berdatangan dan menikmati air terjun ini. Mereka bisa berlama-lama menikmati kesejukan alam ini bersama air terjun yang menawan,” kata Arif, bagian promosi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tirta Sejahtera Desa Cepedak, Senin (09/09/2019).

Pokdarwis Tirta Sejahtera menurut Arif, tergerak untuk mengelola tempat ini menjadi objek wisata (Obwis) yang startegis. Jangkauannya mudah dan berada dekat dengan jalur desa. “Lokasinya juga strategis karena berada di lembah yang tidak terlalu curam,” jelasnya.

Air terjun dari air pegunungan ini katanya,volulme airnya cukup stabil. Kalaupun berkurang pada musim kemarau, tidak seberapa. “Airnya jernih karena belum terkontaminasi polusi,” katanya.

Kiai Kate sendiri menurut Arif, merupakan sebutan orang yang pada zamannya dulu diyakini sebagai seorang pertapa yang datang dari Yogya. “Dalam cerita sejarah desa, Kiai Kate berperawakan pendek dan kecil sehingga disebut kate. Beliau di tempat ini melakukan pertapaan, namun kemudian hilang tanpa diketahui keberadaannya, sehingga tempat ini disebut Kiai Kate,” paparnya.

Misteri itu masih diyakini hingga sekarang. Bahkan warga juga percaya jika yang bersangkutan masih hidup, tapi dimana tempatnya tidak ada yang tahu. (Nar)

BERITA REKOMENDASI