Potensi Tak Tergarap, BUMDes Terkendala SDM dan Potensi Desa

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengangkat potensi desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) bertekad untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di masing-masing desa dan kelurahan. Namun dari 494 desa/kelurahan, hingga kini masih terbentuk di 179 desa. Itupun belum berjalan secara maksimal.

“Kita menyadari bahwa suberdaya manusia (SDM) yang ada di desa sangat terbatas, sehingga untuk membentuk BUMDes bukan hal yang mudah. Namun kita tetep bertekad untuk terus mendorong desa/kelurahan untuk mendirikan BUMDes,” kata Kepala Dispermades Purworejo H Genthong Sumharjono SSos, Jumat (6/4/2018).

Diakui, dengan keterbatasan SDM di tingkat desa mengakibatkan pembentukan BUMDes tersendat. Bahkan di desa banyak perangkat atau anggota lembaga di tingkat desa merangkap jabatan. Termasuk tenaga muda yang tergabung di Karang Taruna, juga banyak merangkap jabatan pada lembaga lain.

Sebenarnya menurut Genthong Sumharjono, BUMDes ini sebagai upaya untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan sekaligus mengangkat potensi yang ada di desa setempat. “Tapi pada kenyataannya banyak pula desa di Purworejo yang sebenarnya juga tidak memiliki potensi atau hasil unggulan,” tandasnya.(Nar)

BERITA REKOMENDASI