PPDB Magelang Dimulai, 26 Ribu Kuota Akan Diperebutkan

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebanyak 26 ribu kuota siswa baru jenjang SD dan SMP akan diperebutkan oleh calon siswa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021. Sementara sistem PPDB sendiri akan dibuka secara online mulai hari ini, Kamis (4/6/2020).

“Proses PPDB jenjang TK, SD, dan SMP akan dilakukan secara online semuanya. Jenjang SMP akan dibuka hari Kamis sampai Sabtu. Sementara jenjang TK dan SD dibuka tanggal 9-11 Juni, lalu analisis calon siswa pada tanggal 12 Juni yang dilanjutkan dengan pengumuman pada 13 Juni,” terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin, Kamis (4/6/2020).

Lebih lanjut, Aziz menerangkan untuk pendaftaran PPDB sendiri dilaksanakan melalui jalur zonasi, afirmasi, mutasi atau perpindahan tugas orang tua/wali dan prestasi. Sementara kuota yang disediakan sesuai jenjangnya berbeda-beda.

“Jenjang TK dan SD pembagian zonasinya 80 persen, afirmasi 15 persen, mutasi atau perpindahan orang tua 5 persen. Sedangkan pada jenjang SMP jalur zonasi 50 persen, afirmasi 15 persen, perpindahan orang tua 5 persen dan prestasi 30 persen. Kuota jalur zonaso termasuk kuota bagi anak penyandang disabilitas,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI