PPKM Level 2, Wisatawan Banjiri Kunjungan Ketep Pass

Editor: Ary B Prass

MAGELANG, KRJOGJA.com – Paska ditutup selama beberapa bulan akibat gelombang kedua Covid-19 Juli – awal Oktober 2021 kemarin, Daya Tarik Wisata Ketep Pass, Sawangan, Kabupaten Magelang, mulai dibanjiri wisatawan. Tercatat pada Minggu (21/11/2021) kemarin, dikunjungi lebih dari 1200 wisatawan dari berbagai kota. Tidak hanya Magelang, tapi juga luar Magelang.
Sebelumnya, Ketep Pass mulai dibuka kembali paska pemberlakukan PPKM Darurat pada Minggu (29/10/2021) lalu. Pada awal-awal pembuka dengan uji coba tersebut, wisatawan luar daerah belum banyak yang datang, masih didominasi wisatawan lokal. Bahkan, anak-anak dibawah 12 tahun pada awal pembukaan itu, juga belum dibolehkan. Namun sejak level 2 PPKM untuk Kabupaten Magelang diterapkan awal November kemarin, Ketep Pass mulai dibanjiri wisatawan, termasuk anak-anak dari berbagai daerah.
Vita, wisatawan asal Purwokerto ini mengaku baru pertama kali berwisata ke Ketep Pass. Menurutnya, daya tarik wisata ini menawarkan edukasi yang baik tentang Gunung Merapi. Vita juga mengapresiasi pengelola Ketep Pass terkait penerapan protokol kesehatan (prokes).
“Bagus banget. Sebelum masuk kita harus check in di aplikasi PeduliLindungi dan cek suhu. Tempat cuci tangan dan handsanitizer juga banyak,” katanya.
Pengelola Ketep Pass memang tidak main-main dalam menerapkan peraturan. Direktur Ketep Pass, Mul Budi Santoso menuturkan, pihaknya berkomitmen menerapkan juknis-juknis yang diatur Kemenparekraf terkait kunjungan wisatawan pada PPKM ini.
“Kami tidak main-main. Sebagai DTW milik pemerintah, kami harus memberi contoh lainnya,” kata pria yang akrab disapa Bodrek ini.

BERITA REKOMENDASI