Pramuka, Bentuk Karakter Anak

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purworejo berupaya untuk membangun karakter anak sedini mungkin. Pembentukan karakter ini diantaranya dilakukan melalui berbagai kegiatan kepramukaan.

“Namun dalam membangun karakter anak ini juga harus dimulai dari lingkungan keluarga. Disini peran orangtua menjadi sangat penting,” kata Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo Drs.H Bambang Aryawan MM, Jumat (16/9).

Dalam sarasehan Pramuka membangun karakter kaum muda di pendapa rumah dinas wakil bupati di Kutoarjo, Bambang Aryawan menandaskan perlunya proses pembentukan karakter pada anak dilakukan mulai dari lingkungan keluarga hingga sekolah. “Di dalam keluarga anak harus dikenalkan dengan membiasakan dan memberikan pengarahan tentang hal yang positif , yang bisa diterapkan dan dilakukan di lingkungan masyarakat,” paparnya.

Demikian pula guru di sekolah, juga sangat berperan dalam membangun karakter anak. Bahkan mungkin bisa dengan membuat catatan anak pada buku penghubung antara guru dengan orang tua.

“Dengan cara ini akan terjalin komunikasi antara orang tua dan guru sekolah mengenai tumbuh kembang anak yang bisa dipantau melalui buku penghubung seperti kegiatan anak di rumah maupun di sekolah yang terkait dengan pendidikan,” tegasnya.

Pembangunan karakter pada anak lanjut Bambang Aryawan, menjadi tanggung jawab bersama untuk menjadikan generasi muda menjadi generasi yang cerdas dan berakhak. (Nar)

 

 

BERITA REKOMENDASI