Presiden Ukraina Kagumi Keindahan Borobudur

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG (KRjogja.com) – Hujan mewarnai kawasan Candi Borobudur Magelang dan sekitar beberapa saat menjelang kedatangan Presiden Ukraina Petro Poroshenko bersama istri dan rombongan, Sabtu (06/08/2016) sore. Hujan pun mulai reda ketika Presiden Ukraina mulai berjalan di pelataran barat Candi Borobudur dan foto bersama Wakl Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi dan istri, Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dan istri, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWCBPRB) Sahala Parlindungan Siahaan.

Ini merupakan kunjungan pertama Presiden Ukraina ke Candi Borobudur. Sebenarnya Presiden Ukraina menginginkan kunjungannya ke Candi Borobudur dapat lebih lama lagi, namun karena keterbatasan waktu dan akan melakukan kunjungan ke lokasi lain maka Presiden Ukraina dan rombongan hanya sekitar 30 menit berada di Candi Borobudur.

Meskipun hanya sekitar 30 menit, Presiden Ukraina juga sempat melakukan foto selfie di kawasan puncak Candi Borobudur. Dipandu Panggah Ardiansyah dari Balai Konservasi Borobudur, Presiden Ukraina dan rombongan menikmati keindahan bangunan Candi Borobudur sambil menyusuri beberapa bangunan lantai di Candi Borobudur baik lantai bawah maupun lantai kawasan puncak bangunan Candi Borobudur.

Di sekitar bangunan stupa induk di puncak Candi Borobudur, Presiden Ukraina dan rombongan juga berbaur dengan pengunjung Candi Borobudur. Bahkan Presiden Ukraina juga sesekali berhenti sambil melambaikan tangannya saat mengetahui ada pengunjung yang mengabadikan gambarnya dengan kamera dari jarak agak jauh.

Disampaikan Panggah Ardiansyah, Petro Poroshenko mengungkapkan ini merupakan kunjungan pertamanya di Borobudur. Bahkan Petro Poroshenko membandingkan candi warisan peninggalan Budha tersebut dengan Angkor Wat di Thailand.

“Meliau merasa kagum dengan keindahan Borobudur. Menurutnya Borobudur lebih terawat daripada kuil yang berada di Angkor Wat,” ungkap Panggah Ardiansyah kepada wartawan. (Tha)

BERITA REKOMENDASI