Produk UMKM Masih Kesulitan Pasar

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebagian produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Purworejo hingga kini masih mengalami kesulitan pasar. Terlebih di saat pandemi covid-19, pemasaran produk semakin tidak berdaya.

“UMKM di Kecamatan Ngombol sudah menghasilkan berbagai jenis produk. Namun terkendala dalam pemasaran,” kata Kepala Desa Pejagran Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo Robi Marantika, Jumat (11/09/2020).

Disela rapat koordinasi UMKM se Kecamatan Ngombol di Desa Pejagran Robi Marantika berharap adanya bantuan untuk solusi pemasaran. “Bumdes Desa Pejagran akan mendirikan kios-kios di rest area Jalan Deandels. Saya minta nantinya produk UMKM dapat mengisi kios-kios ini,” katanya.

Pemerintah menurut Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (KUKMP) Purworejo Drs Bambang Susilo, akan menjadikan UMKM yang utama dalam peningkatan ekonomi. Dalam pandemi covid ini UMKM terus diperhatikan dengan memberikan bantuan sesuai kebutuhan usahanya seperti bantuan sembako, bantuan bahan dasar kue, dan lainnya.

Yang perlu diperhatikan UMKM antara lain, kualitas produk, pengemasan, pemasaran, dan kuantitas. “Dalam hal pembinaan dan pelatihan, kami siap melayani UMKM,” tandasnya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menandaskan bahwa, kualitas produk sangat mendukung dalam pemasarannya. Produk UMKM Purworejo juga cukup banyak yang sudah bekerjasama dengan sejumlah swalayan untuk pemasarannya. “UMKM yang belum bekerjasama dengan swalayan, bisa difasilitasi agar produknya dapat merambah ke swalayan,” katanya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI