Produksi Ikan Kebumen Capai 1.800 Ton/Tahun

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN KRJOGJA.com – Kabupaten Kebumen merupakan daerah penghasil ikan yang potensial. Ikan yang dihasilkan dari daerah ini rata-rata mencapai 1.800 ton lebih/tahun. Demikian pula keanekaragaman jenis ikan yang dihasilkan, sangat beragam.

"Dari produksi ikan yang melimpah dan beragam itu, ternyata bisa diolah menjadi aneka makanan yang lezat, juga menarik untuk disuguhkan," ujar Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz, saat menghadiri Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Kebumen Tahun 2019, di Alun AlunKebumen, Sabtu (31/8).

Dalam lomba yang diikuti oleh 26 kecamatan di Kebumen tersebut setiap peserta diminta untuk mengolah menu berbahan baku ikan. Selain diolah sebagai lauk atau pelengkap makanan pokok, ikan jugadiolah sebagai snak atau makanan kudapan dan pencuci mulut. Beberapa jenis makanan di masak di lokasi lomba dan sebagian lainnya dibawa ke lokasi lomba dalam keadaan siap saji.

" Pemenang lomba akan maju sebagai wakil Kebumen dalam Lomba Masak Ikan Tingkat Jawa Tengah Tahun 2019 mendatang," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kebumen, Drs H La Ode Haslan.

Berbagai kreasi olahan ikan sebagai makanan sehari-hari yang ditampilkan peserta, sebagian besar merupakan hasil kreatifitas para peserta yang terkesan unik. Seperti, sop bakso ikan nila dengan buah sirsak, cendol belut, kue umbi bit ikan patin dengan saus buah nam-nam. Ada pula kue ikan kembung ketela, botok daun pace, puding lele, acar kulit semangka, kue lumpur ikan lele, nila bunga telang dan daun katuk.

Dalam lomba tersebut keluar sebagai juara 1 tim dari Kecamatan Adimulyo, juara 2 Kecamatan Sruweng, juara 3 Kecamatan Gombong. Juara harapan 1 Kecamatan Sempor, juara harapan 2 Kecamatan Kebumen dan juara harapan 3 Kecamatan Ambal.(Dwi)

 

 

BERITA REKOMENDASI