Program Desa Permata Memudahkan Pelayanan Administrasi Induk

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRjogja.com – Sebagai upaya memberikan kecepatan dan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk), Pemerintah Kabupaten Temanggung meluncurkan program Desa Perwujudan Masyarakat Tertib Administrasi Kependudukan (Permata).

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan melalui peluncuran program Desa Permata, masyarakat dari seluruh desa/kelurahan tidak harus datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mengurus dokumen kependudukan.

“Dokumen kependudukan yang dibutuhkan bisa dicetak di Desa/kelurahan. Pelayanan sudah bisa secara online,” kata Al Khadziq, Kamis (30/12)

Dia mengatakan Program Desa Permata untuk memudahkan masyarakat mengurus adminduk. Mereka tidak lagi repot mengeluarkan ongkos transportasi sampai ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Insyaallah semua desa sudah tersambung secara online dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan semua perangkat desa sudah dilatih untuk memberikan layanan ini,” katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung Bagus Pinuntun menerangkan melalui program Desa Permata, kini masyarakat bisa membuat dokumen kependududukan di desa/kelurahan.

Dokumen itu antara lain layanan kartu keluarga, perubahan elemen KTP, akta kelahiran, dan akta kematian.

“Layanan itu sudah yang paling pokok di masyarakat, sudah sangat cukup, tetapi kalau perekaman dokumen KTP tetap ke kecamatan atau Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil karena harus iris dan sidik jari yang alatnya mahal sehingga tidak memungkinkan di desa,” katanya.

Dikatakan pelaksanaan program ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 19 tahun 2018 tentang peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan.

Bagus menyampaikan peluncuran Desa Permata ini dalam rangka menyatukan gerak dan langkah dalam pelayanan administrasi kependudukan di desa/kelurahan melalui inovasi pelayanan Desa Permata.

Program ini bertujuan untuk membangun persepsi yang sama dalam mewujudkan layanan dokumen kependudukan melalui administrasi kependudukan di desa dan kelurahan. Selain itu, untuk penuntasan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Temanggung. (Osy)

BERITA REKOMENDASI