Protokoler Covid-19 Untuk Siswa PAUD Bingungkan Guru

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Pemberlakuan konsep ‘New Normal’ Covid-19 dengan cara penerapan protokoler ketat, dipandang kurang tepat bila diterapkan untuk siswa kelompok bermain (KB) dan taman kanak-kanak (TK) atau dikenal sebagai pendidikan anak usia dini (PAUD).

“Bila ‘New Normal’ Covid-19 benar-benar dilaksanakan dalam waktu dekat ini, menurut kami kurang tepat bila protokoler ketat diterapkan bagi siswa PAUD. Karena, terkandung unsur pengekangan yang bisa berdampak negatip bagi perkembangan jiwa anak,” ujar Anggota Himpunan PAUD Indonesia (Himpaudi) Kebumen, Puas Suswanti, di ruang kerjanya, Senin (08/06/2020).

Puas yang juga Kepala KB ‘Permata Bunda’ Kebumen mencontohkan salah satu ketentuan dalam protokoler Covid-19 yang kurang tepat bila diterapkan terhadap siswa PAUD, yakni penerapan social distansing atau menjaga jarak antar siswa maupun siswa dengan guru.

“Dengan menjaga jarak maka komunikasi yang baik sesama siswa akan sulit terwujud bila diharuskan saling berjauhan. Selain itu, bercakap-cakap dengan jarak jauh tak sesuai dengan metode pengajaran tentang tata cara berkomunikasi yang baik,” jelas Puas.

BERITA REKOMENDASI