Proyek Pemerintah Lesu, Perajin Beghel Tak Masalah

KEBUMEN (KRjogja.com) – Lesunya pelaksanaan proyek pemerintahsaat ini ternyata tak mempengaruhi produktifitas perajin beghel di  Dukuh Kemitir Kelurahan Bumirejo Kecamatan/Kabupaten Kebumen. Namun, tak berdampak penurunan produksi beghel Kemitir mengingat permintaan pasar masih tetap stabil seperti  waktu sebelumnya.

"Sampai hari ini pengepul tak meminta kami menurunkan produksi beghel. Berapapun jumlah beghel yang kami buat, langsung diterima dan dibayar sesuai harga yang berlaku," ungkap Aris, perajin beghel Dukuh Kemitir, Jum'at (23/09/2016) rumahnya.

Dukuh Kemitir saat ini merupakan satu-satunya sentra beghel di Kebumen, dengan perajin sekitar 50 orang yang mayoritas adalah ibu rumah tangga.  Pembuatan beghel dilakukan di rumah masing-masing dengan alat manual  yang sederhana. Hasil produksinya kemudian diserahkan kepada pengepul 
di dukuh  tersebut.

"Oleh pengepul, beghel Kemitir kemudian didistribusikan ke berbagai daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Salah seorang pengepul di Kemitir ini bahkan memiliki 10 buah mobil pengangkut untuk mendistribusikan  beghel ke berbagai daerah," beber Aris.

Beghel yang terbuat dari lempeng besi berdiameter 50 milimeter, merupakan  komponen bagi kerangka besi sebuah bangunan, kini menjadi salah satu  andalan pendapatan bagi warga Kemitir.  Dari 1 kuintal lempeng besi bisa dihasilkan 4 ribu buah beghel yang biasanya selesai dikerjakan dalam 
waktu 6 jam. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI