Proyek Pemerintah Terkena Imbas Covid-19, Rekanan di Kebumen Lesu

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Penundaan proyek-proyek pengadaan barang dan jasa tahun anggaran 2020 sebagai imbas wabah Covid-19 saat ini, cukup memukul para rekanan penyedia barang dan jasa di Kebumen. Pasalnya, hampir semua  rekanan Kebumen hingga kini masih menggantungkan pada proyek pemerintah sebagai pemasukan andalan mereka.

“Kami memang menerima order pembuatan rumah tinggal dari warga masyarakat. Tapi kegiatan itu hanya sebagai sampingan saja, karena andalan utama kami adalah menggarap proyek-proyek pemerintah,” ujar seorang rekanan yang juga pemilik usaha jasa konstruksi di Kecamatan Gombong Kebumen, Abie, Selasa (05/05/2020).

Menurut Abie, para rekanan Kebumen masih selalu berharap bisa mengerjakan proyek yang dibiayai oleh pemerintah pusat dan daerah, termasuk di tahun 2020.

“Ternyata, setelah muncul kasus Covid-19 yang penderitanya kian hari kian bertambah hingga menjadi sebuah kondisi darurat, kebijakan penundaan banyak proyek pemerintah tak bisa dihindarkan. Termasuk ditundanya proyek-proyek dari pusat seperti Dana Alokasi Khusus (DAK). Dari situlah muncul kelesuan kami,” ujar Abie.

BERITA REKOMENDASI