Proyek Strategis Nasional Bakal Dorong Pertumbuhan Ekonomi

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Hadirnya sejumlah proyek strategis nasional di Kabupaten Purworejo dan daerah lain di sekitarnya, diyakini bakal mendorong pengembangan wilayah dan pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitarnya. 

“Pada kondisi ini peluang bisnis dan lapangan kerja bakal tumbuh sekaligus menuntut kesiapan masyarakat untuk meningkatkan kualitas kecakapan/skill supaya bisa bersaing mengisi peluang bisnis serta memenuhi kebutuhan tenaga kerja sesuai spesialisasi dan kebutuhan,” kata Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM, Senin (3/2).

Agus Bastian dalam Forum Konsultasi Publik dan Masa Musrenbang 2020 di ruang Arahiwang kantor bupati setempat mengatakan, bahwa untuk meningkatkan akselerasi pembangunan dalam mendukung pencapaian visi pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Purworejo, perencanaan tahun 2021 ini mengusung tema peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan budaya dalam rangka mewujudkan Purworejo yang sejahtera.

Untuk mendukung ini, perlu meletakkan tujuan dan sasaran pembangunan daerah sebagai orientasi perencanaan pembangunan daerah. “Ada beberapa tujuan makro pembangunan daerah Kabupaten Purworejo tahun ,” katanya. Tujuan makro itu diantaranya meningkatkan produktivitas total daerah dengan sasaran meningkatnya pertumbuhan ekonomi dari 5,32 persen menjadi kisaran 6,96 persen.

Kemudian meningkatkan kualitas pembangunan manusia dengan sasaran meningkatnya indeks pembangunan manusia dari 71,87 persen menjadi pada kisaran 73,69 persen. (Nar)

BERITA REKOMENDASI