PSHT Kerahkan Pendekar untuk Lakukan Aksi Sosial

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Purworejo sukses memobilisasi ratusan anggotanya untuk terjun dalam berbagai kegiatan sosial. Pendekar PSHT bekerja sama dengan PMI Purworejo untuk program donor darah, serta terjun ke lokasi bencana untuk membantu para korban.

Belum lama ini, PSHT terjun ke Dusun Sikuning Desa Hargorojo Kecamatan Bagelen untuk membantu Ngatinah, yang rumahnya terdampak bencana tanah longsor. “Kami datang ke Hargorojo, sebanyak 50 pendekar berangkat, mereka membersihkan material longsoran dengan peralatan manual,” kata Korlap PSHT Agus Susanto, saat ditemui KRJOGJA.com, Jumat (15/01/2021).

Selain membersihkan material longsoran dan memenuhu rumah Ngatinah, anggota PSHT juga membuat drainase di tebing dekat rumah itu. Drainase dibuat untuk mengalirkan air agar tidak menggerus tebing hingga menyebabkan longsor.

Dalam aksi sosial itu, PSHT tetap berkoordinasi dengan perangkat desa setempat. “Kami tetap kedepankan silaturahmi, istilahnya kulonuwun dulu, masyarakat Hargorojo antusias menyambut PSHT,” ucapnya.

Aksi sosial pendekar PSHT tidak hanya di Hargorojo. Sebelumnya, kata Agus, PSHT telah menjalin kerja sama dngan PMI Cabang Purworejo untuk penyelenggaraan program donor darah.

BERITA REKOMENDASI