PT Pegadaian Bangun Balkondes di Ngargogondo

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – PT Pegadaian (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ikut mendukung program pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di wilayah Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Peletakan batu pertama Balkondes dan homestay dari PT Pegadaian (Persero) dilaksanakan bersama-sama oleh Direktur Operasi dan Pemasaran PT Pegadaian Damar Latri Setiawan, Direktur Manajemen Aset PT Pegadaian Ir Ferry Febrianto, Direktur Utama PT Pesona Indonesia Jaya Renny Soviahani, Camat Borobudur Nanda Cahyadi Pribadi AP MSi dan Kepala Desa Ngargogondo Suryono di Desa Ngargogondo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Kamis (03/05/2018).

Damar Latri Setiawan diantaranya mengatakan balkondes ini merupakan salah satu amanah dari Kementerian BUMN untuk PT Pegadaian untuk membuat suatu Balkondes, yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Desa Ngargogondo Borobudur. "Dengan adanya Balkondes dan homestay ini diharapkan perekonomian di Desa Ngargogondo semakin maju, masyarakat di sekitarnya dapat menikmati dampak adanya Balkondes ini," kata Damar Latri Setiawan.

Dampak tersebut diantaranya dipergunakannya tenaga-tenaga dari Desa Ngargogondo dalam proses pembangunan Balkondes ini. Ini selaras dengan program pemerintah, cash for work, yaitu sekarang bekerja akan langsung memperoleh ongkosnya. Damar Latri Setiawan juga berharap Balkondes dan homestay di Desa Ngargogondo ini akan menjadi bangunan Balkondes terbaik dan membawa faedah, mulai dari bangunan joglonya maupun lainnya.

Renny Soviahani mengatakan Balkondes PT Pegadaian di Desa Ngargogondo ini lokasinya berjarak sekitar 3 Km dari bangunan Candi Borobudur dengan latar belakang Bukit Menoreh, dan ini menjadi salah satu alasan PT Pegadaian memilih Desa Ngargogondo sebagai lokasi dibangunnya Balkondes milik BUMN ini.

Proyek pembangunan ini diharapkan selesai sesuai target waktu yang ditentukan, sehingga pada Bulan September 2018 mendatang, yaitu pada rangkaian peringatan Hari Warisan Budaya Dunia atau World Heritage Day, Balkondes Ngargogondo bersama masyarakat Desa Ngargogondo siap menjadi tuan rumah tujuan wisatawan di kawasan Candi Borobudur.

"Dengan momen ini diharapkan Desa Ngargogondo menjadi lebih dikenal, sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakatnya," kata Renny Soviahani.

Camat Borobudur mengatakan hakekat dibangunnya Balkondes diantaranya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat desa ini ikut berperan dalam pengembangan pariwisata di Borobudur. Dengan adanya Balkondes yang ada di setiap desa di wilayah Kecamatan Borobudur ini diyakini akan pemicu pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, dan hadirnya geliat ekonomi masyarakat untuk dapat berperan dalam pengembangan pariwisata di Borobudur. (Tha)

BERITA REKOMENDASI