PT TWC dan Pemprov Jateng Tandatangani Perjanjian Kerjasama di Borobudur

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) menandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah cq Dinas Pekerja Umum Bina Marga dan Cipta karya Provinsi Jawa Tengah tentang penyediaan tanah untuk penataan area pedagang dan parkir di Dusun Kujon Desa Borobudur Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan di Ruang Avadhana Manohara Borobudur, Jumat (16/10/2020), dilakukan Direktur Teknik dan Infrastruktur PT TWC Mardijono Nugroho dan Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jateng Dr Ir AR Hanung Triyono MSi, dengan disaksikan Direktur Utama PT TWC Edy Setijono maupun lainnya.

Ditemui wartawan usai acara penandatanganan perjanjian kerjasama, Dirut PT TWC diantaranya mengatakan ini merupakan proses panjang penataan kawasan pedagang dan parkir di Borobudur. Ini merupakan cita-cita lama, yang hampir 3 kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah yang sebenarnya pernah diupayakan bagaimana melakukan penataan itu.

Tetapi nampaknya sepanjang perjalanan itu belum terjadi sebuah kesepahaman. Pada era Presiden RI Ir Joko Widodo ini dibuka di tahun 2015 ketika penetapan Borobudur menjadi Super Prioritas. Pada saat itulah visi ini harus disamakan, sehingga tidak boleh lagi ada visi sektoral, apalagi visi wilayah. “Visinya adalah visi nasional,” kata Edy Setijono.

Karena itu secara bertahap dapat dilalui satu demi satu tahapan program penataan kawasan pedagang dan parkir. Dari sekian alternatif yang ada, lanjutnya, yang paling reliable untuk dapat dilakukan adalah di kawasan Kujon Borobudur. Di Lapangan Kujon nantinya ada sekitar beberapa hektar, dan lahan itu ada kepemilikannya, ada yang dimiliki desa, pemerintah Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah dan PT TWC. “Inilah tahapan sinerginya,” tambahnya. (Tha)

 

BERITA REKOMENDASI