Puisi “Dharma Warta” Dipersembahkan Untuk Pers

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kegiatan menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2019 digelar masyarakat di Kampung Potrosaran 2 Kota Magelang, Kamis (7/2/2019). Tidak hanya potong nasi tumpeng, rangkaian kegiatan juga diwarnai Kirab Dharma Warta, pentas kesenian siswa SDN Kanisius Pendowo Magelang, siswa SMAN 5 Kota Magelang, pidato kebudayaan KHM Yusuf Chudori atau Gus Yusuf, pembacaan puisi karya Es Wibowo berjudul "Warta Dharma" maupun lainnya.

Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kabag Humas Setda Kota Magelang Ir Ahmad Ludin Idris diantaranya mengatakan Hari Pers yang dihelat setiap tanggal 9 Februari merupakan momentum sangat berharga untuk memperkuat sinergi, baik diantara komponen pers maupun antara pers dengan masyarakat dan pemerintah.

"Alhamdulillah sinergi Pemerintah Kota Magelang dengan media selama ini telah mendorong efektivitas proses pembangunan, karena media massa di Kota Magelang dapat menunjukkan perannya sebagai 'pengawas' sekaligus 'komunikator'," kata Walikota Magelang.

Kebijakan pemerintah yang pro poor, pro job dan pro growth, lanjutnya, akan efektif jika semua pihak ikut mengawasi dan memberi masukan. "Di lain pihak, saya juga mendorong agar rekan-rekan pers dan media massa tetap mempertahankan idealismenya sebagai lembaga sosial untuk melakukan social control dengan menyatakanm pendapat secara bebas, namun tetap menghormati norma-norma dalam masyarakat," tambahnya.
 

Sementara itu Gus Yusuf dari Tegalrejo Magelang kepada wartawan diantaranya berharap di tengah-tengah masyarakat sekarang yang sedang 'melek' media sosial, para wartawan media mainstream diharapkan tetap dapat menjadi arus besar yang membawa kemanfaatan, arus besar yang membawa berita-berita yang 'menyehatkan' kepada masyarakat agar masyarakat tetap memiliki rujukan untuk mengambil langkah atau informasi.
 

"Tetap rujukannya adalah media-media mainstream," kata Gus Yusuf sambil berharap para wartawan juga dapat meningkatkan profesionalitasnya, meningkatkan independennya dan juga tetap mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. (Tha)

 

 

BERITA REKOMENDASI