Puluhan Koleksi Kadipaten Loano Dipamerkan

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Puluhan benda peninggalan Kadipaten Loano dipamerkan di Balai Desa Loano, Rabu (9/11). Pameran benda sejarah itu menarik perhatian warga, termasuk pelajar Desa Loano dan sekitarnya.

 

Benda tersebut dipamerkan dalam rangka kegiatan Bersih Desa Loano. "Kami selenggarakan pameran hingga Kamis (10/11) karena ingin memperlihatkan potensi sejarah Loano yang memang luar biasa," kata Erwan W Ashari, Sekretaris Bersih Desa Loano, kepada KR.

Panitia memamerkan tujuh benda tosan aji berupa pedang, keris dan tombak, dua mahkota kayu, puluhan uang, logam kuno, patung tanah liat dan keramik. Selain itu juga dipamerkan fragmen arca diduga peninggalan masa Hindu Klasik.

Benda-benda yang dipamerkan, katanya, merupakan temuan warga di Situs Pagerboto atau Benteng Loano, Patirtaan Sunan Geseng di Sigendel dan kompleks Makam Gagak Handoko di Jogotamu. "Semuanya benda yang memang ada di Loano," ucapnya.

Menurutnya, sebagian besar masyarakat tidak mengetahui potensi sejarah dan kepurbakalaan di Desa Loano. "Rata-rata pengunjung baru tahu kalau ada banyak benda kuno yang ditemukan di Loano, mereka baru paham kalau desanya adalah salah satu pusat kebudayaan zaman dahulu," tegasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI