Puluhan Pedagang Pasar Borobudur Jalani Rapid Test

MAGELANG, KRJOGJA.com – Puluhan pedagang Pasar Borobudur, ‘terpaksa’ mengikuti rapid test setelah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, menemukan salah satu pedagang kelontong yang sering belanja ke pasar tersebut, positif Covid-19 Selasa (7/7/2020) kemarin. Untuk saat ini, pasien positif yang berusia 68 tahun itu, dirawat di rumah sakit.

“Betul kami hari ini mengadakan rapid test di pasar borobudur. Ada sekitar 150 -an pedagang yang mengikuti rapid test. Kami utamakan yang pernah kontak erat dengan pasien itu sebelumnya. Ini juga sesuai dengan hasil tracking kami bersama kepala pasar borobudur,” kata Koordinator Bidang Operasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Retno Indrastuti, Kamis (9/7/2020).

Menurut Retno yang juga Kepala Dinas Kesehatan itu, rapid tes dilakukan sebagai salah satu langkah antisipasi. “Ini hanya salah satu upaya antisipasi saja. Setelah ini nanti, juga akan ditindaklanjuti dengan penyemprotan desinfektan oleh dinas pasar atau pengelola pasar borobudur. Selain itu juga penerapan tujuh pedoman new normal. Diantaranya menyediakan tempat cuci tangan dengan sabunnya, pakai masker, jaga jarak minimal satu meter dan lainnya,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI